Lelang Kepala Disdik Tunggu Perda SO

KOTA – Rencana lelang jabatan kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Pamekasan dipastikan tidak akan digelar dalam waktu dekat. Setelah ada ketentuan peruba­han struktur oraganisasi (SO), Bupati Achmad Syafii memiliki pandangan baru.

Dia akan menunggu rancangan peraturan daerah (raperda) SO tuntas untuk mengisi posisi tersebut. Pilihan tersebut dilakukan karena ada beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang digabung. Dengan demikian, dimungkinkan akan  ada kepala dinas yang tidak  memiliki job. Kepala dinas tersebut bisa ditugaskan di  instansi yang tidak memiliki pemimpin deinitif.

”Pengisian jabatan disdik selesai setelah SO, baru mana yang kosong diisi. Bisa jadi dis­dik tidak promosi, mengambil dari yang sudah ada. Bisa jadi seperti itu,” paparnya kemarin  (27/9).  Raperda SO sedang dibahas  panitia khusus (pansus) DPRD.

Raperda tersebut ditargetkan  tuntas akhir bulan ini. Sebab,  Syafii berharap pada Oktober mendatang sudah ada SO baru di Kota Gerbang Salam. ”Untuk pengisian jabatannya, nanti kami upayakan di  pertengahan Desember sudah selesai. Nanti APBD 2017 sudah mengacu pada SO yang  baru,” tambahnya.

Dijelaskan, lelang jabatan di­ lakukan hanya untuk pejabat­  pejabat promosi. Misalnya, dari  yang awalnya menjabat kepala  bidang (Kabid) akan dipromosikan menjadi kepala dinas. Proses  tersebut harus melalui lelang ja­batan atau rekrutmen terbuka.

”Kalau promosi  memang  arus rekrutmen terbuka, sep­erti yang disampaikan kemarin.  Jadi, kami membentuk tim dari eksekutif,” tegasnya.  Ketua Komisi IV DPRD Pamekasan Apik menyatakan,  seharusnya lelang tersebut tidak perlu menunggu raperda SO. Sebab, disdik tidak termasuk SKPD yang digabung  atau dirampingkan.

”Apalagi, disdik masuk dinas tipe A. Sekarang pun sebenarnya sudah bisa dilakukan lelang jabatan,” tukasnya. (radar)

kata Kunci Terkait:

  • berita disdik pamekasan
  • kepala dinas pendidikan pamekasan
  • nama ketua komisi 4 pamekasan