Jalan Akses ke Pantai Jumiang tanpa LPJU

PADEMAWU – Sebenarnya, Pantai Jumiang, Kecamatan Pademawu, memiliki daya tawar bagi wisatawan. Pemandangan yang indah serta area pantai yang luas bisa dijadikan tempat alternatif untuk berlibur. Sayang, fasilitas  penunjang menuju ke pantai   tersebut belum tersedia secara memadai.

Salah satunya terkait lampu penerangan jalan umum (LPJU). Hingga kini akses jalan menuju pantai tersebut masih tanpa lampu penerang. Warga hanya  bisa berkunjung pada siang hari. ”Kalau malam ya gelap karena tidak ada LPJU di sini,” kata Ketua Kelompok Sadar Wisata  (Pokdarwis) Pantai Jumiang Soecipto kemarin (19/4).

Dia berharap, pemkab lebih proaktif membangun wisata Pantai Jumiang. Apalagi dari sektor pendapatan, pantai  tersebut cukup menjanjikan.  Setiap bulan, pendapatan  dari sektor retribusi dan parkir kendaraan bisa  mencapai Rp 5 juta.

”Kami berharap, fasilitas penunjang, khususnya lampu penerangan segera dibangun. Ini juga demi kenyamanan masyarakat yang berkunjung,” pintanya. Kepala Dishubkominfo Pamekasan Moh. Zakir mengaku   belum memiliki anggaran untuk membangun LPJU di akses  menuju Pantai Jumiang.

Kendati tahun ini pihaknya mengalokasikan dana sekitar Rp 750 juta, tetapi prioritasnya untuk  jalan kecamatan. Sementara akses menuju Pantai Jumiang merupakan jalan  desa. Kalau dipaksakan, lanjut Zakir,  dana yang tersedia tidak  mencukupi.

”Coba Kades atau pokdarwis yang mengajukan. Mungkin pada 2017 nanti bisa dialokasikan untuk pembangunan LPJU menuju Pantai Jumiang,”  tukasnya. (radar)

kata Kunci Terkait:

  • asal usul pantai jumiang
  • jumiang pamekasan
  • kabar pantai jumiang pamekasan
  • merusak hubungan panti jumiang pamekasan