Hebat, Satu Kapolsek Dijabat Polisi Wanita

KOTA – Peringatan Hari Polwan di Pamekasan diisi berbagai kegiatan sosial. Puluhan polwan kerap turun ke masyarakat. Itu dilakukan sebagai bentuk komitmen selalu siap membantu dan mengayomi masyarakat. Ada 36 polwan bertugas di wilayah hukum Polres Pamekasan.

Sebelas di antaranya ditempatkan di polsek. Perinciannya, Polsek Larangan, Galis, Tlanakan, dan Pademawu masing-masing dua anggota. Sedangkan di Polsek Kota tiga polwan. Sisanya ditugaskasn di sejumlah satuan di polres. Antara lain, reskrim, lantas, bimas, sumda, intel, dokkes, Sabhara, bagops,  narkoba, dan humas.

Satu polwan menjabat Kapolsek Galis, yakni AKP Maryatun. Sebagian besar polwan berasal dari Pamekasan.  Hanya sebagian kecil dari beberapa kabupaten lain. Ketua Koordinator Polwan Polres Pamekasan AKP Maryatun menyatakan selalu siap membantu masyarakat. Terutama kaum  perempuan yang kerap menjadi   korban kekerasan.

”Kami berkomitmen untuk membela masyarakat. Pengayoman kepada masyarakat tugas kami,” ucapnya. Pada peringatan Hari Polwan, pihaknya melaksanakan sejumlah kegiatan. Mulai bakti sosial di masjid dan pemberian bantuan. Selain itu mereka memberi santunan penghuni Panti Asuhan Muhammadiyah.

Mereka juga  melaksanakan donor darah yang diikuti seluruh anggota Polri di  lingkungan polres.  Kegiatan disiplin lainnya berupa patroli bersepeda oleh semua polwan. Termasuk melakukan pembinaan dan penyuluhan tentang pencegahan kekerasan seksual  terhadap anak.

Kegiatan tersebut melibatkan ratusan siswa. Selain itu, mengenalkan rambu-rambu lalu lintas kepada anak TK. Kegiatan mereka juga dilengkapi aksi tabur bunga di makam pahlawan. Kegiatan rutin juga dilakukan. Salah satunya sosialisasi  penanganan tindak kekerasan  terhadap perempuan dan anak- anak. (radar)