Hari Ini, Ribuan Honorer K2 Kepung Jakarta

FHK2I Pamekasan Delegasikan 279 Orang

KOTA – Ratusan tenaga honorer kategori  dua (K2) asal Pamekasan berangkat ke Jakarta kemarin (9/2) sekitar pukul 05.15 dari Monumen Arek Lancor. Mereka akan melakukan aksi nasional bersama ribuan tenaga honorer  K2 se-Indonesia.

Ratusan-tenaga--honorer-K2--Pamekasan--berangkat-ke-Jakarta--menggunakan--lima-bus---pariwisata--kemarin.

Rencananya, mulai hari ini  (10/2) hingga Jumat (12/2) Forum Honorer Kategori Dua Indonesia (FHK2I) akan  mengepung Istana Negara.  Ketua FHK2I Pamekasan Maskur Rasyid mengungkapkan, demo di istana negara bertujuan  menagih janji pemerintah yang tak kunjung mengangkat honorer K2 menjadi  PNS.

Padahal beberapa waktu lalu Kemen-PAN-RB sudah berjanji bakal mengangkat K2  menjadi PNS. ”Untuk itulah, 279 honorer K2  Pamekasan kami berangkatkan ke Jakarta,” ungkapnya melalui telepon pribadinya. Menurut Maskur, alasan pemerintah pusat yang gagal mengangkat K2 menjadi  PNS tidak masuk akal.

Apalagi pemerintah menyebut tidak punya payung hukum dan terkendala anggaran. ”Kan tinggal pemerintah bikin regulasi. Kalau anggaran, kami pikir Indonesia sangat kaya,” katanya dengan kesal. ”Tuntutan kami, mendesak pemerintah  segera membuat regulasi berupa PP untuk mengangkat honorer K2 menjadi PNS.

Kemudian, UU ASN  harus direvisi,” tegasnya. Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD  Pamekasan Ismail mengaku prihatin dengan  nasib honorer K2. Pihaknya  menilai, kebijakan pemerintah pusat sudah tidak bisa diterima akal sehat. Sebelumnya  pemerintah berjanji akan mengangkat  tenaga honorer K2 menjadi PNS.

”Nah, tiba-tiba membatalkan sepihak dan  alasannya pun kurang logis. Karena itu, kami  bersama disdik dan PGRI ikut mendampingi dan memperjuangkan nasib honorer K2 ke  Jakarta. Ya, semoga mendapat tanggapan positif,” pungkasnya. (radar)