Gus Ipul dan Charly Sapa Warga Pamekasan

PAMEKASAN – Kehadiran Wakil Gubernur (Wagub) Jatim Saifullah Yusuf dan musisi Charly van Houten dalam kegiatan Parents Gathering Indonesia Scouts Challenge (ISC) 2015–2016 bersama Antangin Junior Regional Championship Kabupaten Pamekasan disambut antusias peserta dan warga Pamekasan. Ribuan peserta tampak memadati tenda yang disediakan panitia kemarin (14/4).

Bahkan, mereka yang didominasi para wali murid sangat antusias menyambut kedatangan Wagub Jatim dan vokalis Setia Band tersebut. Dalam sambutannya, Gus Ipul-sapaan akrab Saifullah Yusuf–mengatakan, kedatangannya ke Kota Gerbang Salam bukan hanya bersifat seremonial, melainkan menggerakkan dan menghidupkan kembali kegiatan pramuka di Jawa Timur, utamanya di Pulau Madura. Sebab menurutnya, pramuka adalah pendidikan karakter.

”Kegiatan pramuka ini adalah pendidikan karakter antara rumah dan sekolah. Untuk itu, kami sosialisasikan bagaimana pentingnya pramuka ditanamkan kepada anak didik kita,” ujarnya. Oleh karena itu, dalam Parents Gathering ISC 2015–2016 bersama Antangin Junior kali ini yang diprioritaskan adalah wali murid.

Dalam hal ini para orang tua harus menjadi garda terdepan dalam mendidik anak. Apalagi, di era teknologi seperti saat ini, diharapkan para orang tua mampu mengarahkan putra-putrinya melakukan kegiatan positif. ”Ya, salah satunya mengikuti kegiatan pramuka. Dalam kegiatan perkemahan misalnya, anak didik akan diperkenalkan dengan alam, diajarkan mengasah kemampuan, memiliki solidaritas tinggi, serta didorong rasa kepedulian terhadap sesama,” ucapnya.

Lebih jauh Gus Ipul menambahkan, saat ini ribuan peserta ISC 2015–2016 bersama Antangin Junior sedang berjuang mengikuti kegiatan perkemahan di Desa Murtajih. Diharapkan, para orang tua mendukung anaknya melaksanakan kegiatan tersebut.

”Semoga, peserta dari Pamekasan bisa mewakili Jatim di tingkat nasional. Mari doakan anak didik kita yang terbaik,” katanya. Sementara itu, Ketua Panitia Rahmad Kartolo mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih atas sambutan baik yang diberikan warga Pamekasan kepada Gus Ipul dan Charly.

”Yang jelas, kehadiran mereka diharapkan bisa menumbuhkan semangat para orang tua untuk tetap mendukung anaknya mengikuti kegiatan pramuka,” tukasnya. (radar)