Bupati Buka Diklat Kader Bela Negara

KOTA – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Pamekasan menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) pembentukan kader bela negara. Tujuannya, menciptakan generasi bangsa yang memiliki
nasionalisme tinggi.

Acara yang diikuti 70 siswa tingkat SMA itu diselenggarakan di Makodim 0826/Pamekasan sejak kemarin (21/3) hingga Jumat (25/3). Pembukaan diklat kader bela negara tersebut dihadiri langsung Bupati Pamekasan Achmad Syafii. Di hadapan puluhan siswa, Syafii berpesan agar mereka memupuk rasa cinta tanah air.

Sebab, tantangan generasi muda sangat kompleks. Terlebih saat ini mereka dihadapkan dengan ancaman penyalahgunaan narkoba. Menurut bupati, membela ketahanan negara adalah kewajiban seluruh masyarakat. Sehingga, kegiatan tersebut dinilai penting dan strategis dalam rangka memberikan pemahaman dan mempersiapkan masyarakat.

”Utamanya para generasi muda agar mengetahui hak, kewajiban, dan perannya dalam sistem bela negara,” ungkapnya. Dia mengatakan, pengertian bela negara tidak boleh dipahami dalam arti sempit. Seperti upaya membela negara dari ancaman musuh bersenjata yang datang dari luar atau pun dalam negeri. Tetapi, harus dipahami dari makna yang lebih luas.

”Yaitu upaya menjaga dan mengangkat harkat serta martabat bangsa dan negara,” tegasnya. Selama pelatihan, para siswa akan diberi materi bela negara dengan melibatkan pemateri dari Bakesbangpol, Polres, dan Kodim 0826/Pamekasan.

Di antaranya, materi tatanan dasar bela negara, pembangunan karakter bangsa, peran pemuda dalam ketahanan bangsa serta pengetahuan tentang senjata. (radar)