Headline News:

Bapemas Berdalih Izin PLN Belum Keluar

PLMD 2013 yang Tak Kunjung Terealisasi


KOTA-Program Listrik Masuk Desa (PLMD) untuk Kabupaten Pamekasan di 2013 yang tak kunjung terlaksana ternyata disebabkan persoalan izin. Sebab, izin dari PLN Area Madura tak kunjung keluar. Kepala Bapemas dan Pemdes (Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa) Kabupaten Pamekasan Moh. Zakir melalui Kasubid SDA (Sumber Daya Alam) Siti Homsiyah mengungkapkan hal itu terkait belum terlaksananya pelaksanaan PLMD 2013, kemarin (7/6).

”Kami ini hanya fasilitator dan pelaksana saja untuk PLMD ini. Proses administrasi sekarang sedang dilaksanakan. Dan terutama izin dari PLN sendiri yang hingga sekarang belum keluar. Karena untuk melaksanakan PLMD ini harus ada izin dan sepengetahuan PLN,” papar Siti Homsiyah. Menariknya, apa yang disampaikan Kasubid SDA tersebut dibantah Kepala PLN Area Madura Abbas Santoso.

Dikatakan, untuk pelaksanaan PLMD itu tidak harus izin PLN, karena itu merupakan program pemerintah, dalam hal ini Pemkab Pamekasan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. ”Tidak usah izin, justru kami sangat mendukung program ini. Kapan pun PLMD ini akan dilaksanakan, PLN siap dan selalu mendukung. Tidak perlu izinizin,” ungkap Abbas. Ditanya apakah pihak pemkab sudah melakukan pembicaraan dan pemberitahuan, terkait program tersebut?

Abbas mengatakan, belum tahu sama sekali. ”Saya baru tahu jika akan ada PLMD ini dari sampeyan (Jawa Pos Radar Madura, Red). Dari instansi manapun belum ada yang membicarakan ini kepada saya (PLN). Kami sangat mendukung program ini agar masyarakat bisa merata menikmati listrik,” tuturnya kepada Jawa Pos Radar Madura. Sebagaimana diberitakan, hingga memasuki semester kedua di 2013 ini, PLMD di Kabupaten Pamekasan belum terlaksana.

Padahal telah dianggarkan sebesar Rp 4 miliar. Ada sembilan dusun yang tersebar di lima kecamatan yang sudah terdaftar sebagai sasaran program penerangan tersebut, di antaranya Kecamatan Batumarmar; Dusun Bisampak, Dusun Tengginah (Desa Batubintang), Dusun Ginang (Desa Bengsareh). Kecamatan Proppo; Dusun Bungpandan (Desa Mapper). Kecamatan Pegantenan; Dusun Nyiknyik, Dusun Berca (Desa Pasangger). Kecamatan Waru; Dusun Masaran, Dusun Betes (Desa Ragang). Kecamatan Kadur; Dusun Lekoh Timur (Desa Bengkes).  (radar)

Komentar Anda

komentar

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com