Volume Kendaraan Jembatan Suramadu Meningkat Dua Kali Lipat

Pengelola Suramadu Perkirakan Lonjakan hingga Minggu

LABANG – Jumlah kendaraan yang melintas di Jembatan Suramadu kemarin (25/12) mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Yakni dua kali lipat untuk kendaraan roda empat, sementara kendaraan roda dua meningkat   hingga empat kali lipat.

Sejumlah-kendaraan-memasuki-gerbang-Jembatan-Suramadu-sisi-Madura-kemarin.

Meningkatnya jumlah kendaraan tersebut karena bertepatan dengan libur Natal dan Maulid Nabi Muhammad SAW. Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Sift Loket Jembatan Suramadu Lilik Sabariyanto kemarin.

Lilik menyebutkan, kenaikan jumlah kendaraan roda dua yang melintas di  Surama du hampir empat kali lipat dari hari biasanya. Dari 2.000 kendaraan  menjadi 7.000 kendaraan.  Sementara untuk kendaraan roda  empat, lanjut Lilik, peningkatannya  hanya berkisar dua kali lipat.

Yaitu,  dari 3 ribu kendaraan pada hari biasa menjadi 6.000 kendaraan. ”Peningkatan  yang signifikan itu di jalur roda  dua,” jelasnya. Menurut Lilik, lonjakan kendaraan  di Suramadu sudah terjadi sejak Rabu  lalu (23/12). Dia memperkirakan, lonjakan akan terus terjadi hingga  Minggu (27/12).

”Lonjakannya hampir  sama, antara jalur arah Surabaya dan Madura,” katanya.  Pengelola Jembatan Suramadu  membuka semua jalur loket. Tujuannya,  mencegah adanya penumpukan  kendaraan di pintu loket.

”Sementara ini antrean tak begitu memanjang,” ungkapnya. Lilik juga menyinggung proyek   pemasangan pipa milik TNI AL di Jembatan Suramadu. Pihaknya bersyukur pengerjaan proyek pemasangan  pipa di jalur kendaraan roda dua dari arah Surabaya sudah  rampung. Sehingga, keamanan pengendara bisa dimaksimalkan.

”Jalur roda dua dari sisi Surabaya sudah  dioperasikan,” terangnya. Pihaknya mengimbau semua pengendara untuk tetap berhati-hati saat melintas di Jembatan Suramadu.  Terlebih kepada pengendara roda   dua.

”Kami harap kecepatan laju kendaraan maksimal 60 kilometer per  jam,” sarannya.   Terpisah, Mulyadi, 29, salah seorang pengendara yang akan melintas dari Madura menuju Surabaya  mengatakan, dirinya bersama dengan pasangannya berencana untuk liburan ke Kota Malang. ”Saya berhenti karena kelelahan. Saya bersama rombongan, tapi masih di belakang,” ungkapnya. (radar)