Headline News:

Tagih Dana BOS, Pihak Sekolah Kecewa

Kemenag: Untuk MTs Nurul Huda, Kokop Cair 2013


KOKOP-Hingga saat ini, MTs Nurul Huda, Tramok, Kecamatan Kokop mengaku belum menerima bantuan operasional sekolah (BOS). Padahal dana BOS tersebut telah diajukan bersamaan dengan turunnya izin operasional yang telah terbit sejak 8 Maret 2012 lalu. Sebelumnya, madrasah tsanawiyah yang berada di bawah lingkungan pendidikan Kementerian Agama Bangkalan tersebut baru didirikan 12 Juli 2012. Pembangunan gedungnya pun melalui dana swadaya masyarakat.

Karena masih baru berdiri, sekolah tersebut ikut MTs Nurus Soleh di Desa Katol Timur, Kokop utnuk mendapatkan dana BOS. Selang 2 tahun berlalu, pihak pengelola sekolah berinisiatif utnuk mengajukan izin operasional sendiri. Akhirnya pada bulan maret pihak Kemenag Bangkalan melakukan survei sebanyak 2 kali. Karena saat itu, siswa MTs Nurul Huda sudah mencapai 2 kelas dengan jumlah siswa sekitar 60 siswa, pihak Kemenag lalu menyatakan bahwa MTs tersebut layak untuk mendapatkan izin operasional.

Sementara itu, pihak Kemenag, terang Ketua Komite MTs Nurul Huda H Marjai mengungkapkan, dana BOS sampai pada tahun ajaran baru belum bisa turun. ”Pada triwulan pertama sampai bulan ke 3, siswa MTs Nurul Huda masih mendapatkan bantuan BOS. Namun setelah dimutasi dari MTs Nurus Soleh pada bulan ke 4 sampai sekarang tidak dapat lagi,” ungkap H Marjai. Lebih lanjut dia juga mengungkapkan bahwa pihak Kemenag menjanjikan dana BOS tersebut baru bisa diberikan pada sekolahnya pada tahun ajaran baru, yakni bulan Juli 2012, tapi nyatanya sampai sekarang dana tersebut belum juga turun.

Ia pun mengaku telah menanyakannya pada MTs Nurus Soleh, siapa tahu menurutnya jika dana tersebut masih tersangkut di sana. ”Sudah ditanyakan ke MTs Nurus Soleh katanya dana BOS siswa MTs-nya sudah dikurangi jumlah siswa MTs Nurul Huda yang dimutasi,” imbuhnya. Untuk itu, kepala sekolah MTs Nurul Huda pun mempertanyakan ke Kemenag Bangkalan beberapa waktu lalu, namun penjelasan dari pihak Kemenag membuat pihak MTs Nurul Huda kecewa, lantaran menurutnya anggaran dana BOS sudah habis. Beberapa waktu kemudian, pihak sekolah pun kembali mendatangi Kemenag kemarin (19/12), namun hasilnya tidak beda jauh, penjelasan yang sama disampaikan kepada pihak sekolah.

”Saya kecewa kenapa dulu dijanjikan, kalau bilang dari awal tidak ada anggaran untuk biaya operasional sekolah itu, kan kita bisa cari usaha yang lain,” tambahnya. Karena tidak adanya bantuan biaya operasional tersebut, pihak sekolah menurutnya menggantungkan bantuan dari madrasah diniyah yang berlangsung sore harinya. Pihak sekolah yang kini memiliki sekitar 100 siswa tersebut mengaku tidak menarik biaya sedikit pun dari siswa. Akibatnya, tenaga pengajar yang mendidik di sekolah tersebut, dari sejak dimutasi dari MTs Nurus Soleh tidak lagi mendapat honor, lantaran tidak ada biaya operasional sekolah sama sekali. Ia pun selaku ketua komite sekolah berharap tahun 2013 mendatang sekolahnya tersebut bisa mendapatkan jatah dana BOS.

Sementara itu, dalam kesempatan berbeda, Achad Sururi, kepala Bidang Madrasah dan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum (Mapenda) Bangkalan, menyatakan, jika terdapat salah paham dengan pihak sekolah. ”Mendirikan sekolah baru dan mendapatkan BOS itu kan tidak serta merta, harus melalui perencanaan, untuk MTs Nurul Huda, Tramoh, Kokop akan cair dari dana DIPA, Januari 2013,” imbuhnya. Sururi menegaskan jika izin operasional yang turun tahun 2012, maka dana BOS baru bisa dimasukkan dan cair sekitar Januari 2013. Mengenai biaya operasional sekolah yang sampai saat ini belum tertangani, menurutnya hal tersebut urusan sekolah masing-masing. ”Itu kan urusan masing-masing lembaga bagaimana untuk mencari,” pungkasnya. (radar)

Berita Bangkalan, Berita Sampang, Berita Pamekasan, Berita Sumenep

↑ Grab this Headline Animator

kata Kunci Terkait:

  • liputan KJP 2014 terbaru kapan cairnya hingga tahun ajaran baru belum kunjung cair
  • dana kjp bulan juli ampe des2014 kpn turun
  • kjp juli-desember 2014
  • apakah kjp 2014 bln september sdh cair
  • kjp 2014 kpn cair
  • kjp akan cair bulan desember 2014
  • kjp bulan juli sampai desember cair ga
  • kjp bulan juli-desember 2014 kapan cairnya?
  • kjp dana bos
  • kjp sudah cair

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Submit Comment

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com