Selewengkan Raskin, Kades Tlagah Calon Tersangka

KOTA – Kejari Bangkalan menegaskan, Kepala Desa (Kades) Tlagah, Kecamatan Galis, berinisal NA, sebagai calon tersangka. NA diduga menyelewengkan  bantuan beras bagi warga miskin (raskin) hingga merugikan negara sebesar Rp 600 juta.

Nurul-Hisyam-Kasi-Pidsus-Kejari-Bangkalan

Perubahan dari status penyelidikan menjadi penyidikan dibuktikan dengan terbitnya surat perintah penyidikan (sprindik) umum terhadap kasus tersebut. Yakni, berita acara pemeriksaan (BAP)  dari seksi intelijen sudah diserahkan ke seksi pidana khusus  (pidsus) kejari.

Saat ini, penyidik masih menggali beberapa dokumen yang sudah dikantongi. Selain itu, juga mencari dokumen-dokumen pendukung untuk melengkapi langkah penyidik di lapangan. Hal itu dilakukan untuk percepatan  pengungkapan kasus.

Kasi Pidsus Kejari Bangkalan Nurul Hisyam menyampaikan,  kasus penyimpangan raskin tahun 2011–2014 itu diduga mengalami kerugian negara senilai 600 juta. Tetapi, pihaknya masih ingin memastikan melalui perkembangan- perkembangan penyidikan.

”Minggu ini kami akan memeriksa  saksi-saksi. Akan ada dua saksi yang akan diperiksa nanti,” kata Hisyam didampingi  Kasi Intel Wahyudiono di kantornya kemarin (4/1). Sayangnya, Hisyam tidak menyebutkan  siapa saja dua saksi  yang akan diperiksa tersebut.

Sementara calon tersangka secepatnya akan dipanggil setelah beberapa saksi sudah diperiksa.  ”Secepatnya, calon tersangka berinisial NA ini akan diperiksa. Yang jelas, mengikuti agenda dan tahap-tahap penyidikan yang ada,” imbuhnya.

Hisyam menilai, berdasarkan  hasil penyelidikan, calon tersangka baru mengarah pada satu orang. Hisyam belum berani mengatakan ada keterlibatan dari orang lain, sebelum  memeriksa semua saksi. ”Sementara ini baru NA yang  menjadi calon tersangka. Dia  diduga kuat telah menggelapkan raskin yang seharusnya diberikan kepada warga miskin,” ujarnya.

Setelah rapat dengan Kajari,  Hisyam menjelaskan telah membentuk tim untuk menangani kasus tersebut. Modus operandikya tidak beda jauh dengan kasus raskin di Desa Bangsereh,  Kecamatan Sepulu.  ”NA ini ditengarai melakukan pemalsuan operasi penerimaan raskin. Kenyataannya, masyarakat tidak pernah menerima atau menikmati program dari pemerintah itu,”  tandasnya. (radar)

kata Kunci Terkait:

  • carok desa tlagah galis
  • pembunuhan galis bangkalan 2011