Kemenag Perketat Izin Pendirian Pesantren

Antisipasi Masuknya Paham Menyimpang

KOTA – Maraknya paham radikal dan menyimpang yang berkedok agama menjadi perhatian Kantor Kementerian  Agama (Kemenag) Bangkalan.  Salah satu langkah yang diambil,  dengan memperketat perizinan  pendirian pesantren.

Kemenag-Perketat-Izin-Pendirian-Pesantren

Hal itu disampaikan Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kemenag  Bangkalan Wafir kemarin (13/1). Menurutnya, langkah tersebut mengacu pada keputusan Direktur Jenderal Pendidikan  Islam Nomor 5877  Tahun 2014 tentang Pedoman  Izin Pendirian Pesantren.

”Itu jangan ditanggapi dengan negatif. Tentunya itu merupakan langkah untuk mencegah masuknya paham radikal,”  katanya kemarin. Wafir menyebutkan, jumlah  pesantren di Bangkalan yang terdata di Kemenag ada 211  lembaga dan tersebar di 18 kecamatan.

Pihaknya menegaskan, tidak akan pernah mengeluarkan izin lagi jika tidak sesuai dengan ketentuan yang ada. ”Kami berharap langkah ini dinilai dengan positif demi kebaikan bersama,” pintanya. Langkah Kemenag tersebut  mendapat dukungan dari Dosen  Fakultas Ilmu Keislaman  UTM Muhammad Nasih.

Menurutnya, langkah Kemenag itu tepat untuk mengantisipasi  masuknya paham-paham  menyimpang. ”Saya apresiasi langkah Kemenag tersebut,” katanya. (radar)