Dua Peleton Personel Amankan Imlek

KOTA – Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Eng An Bio di  Kelurahan Pejagan, Kota Bangkalan, sudah siap untuk melaksanakan Imlek. Masyarakat Tionghoa yang akan melaksanakan ibadah di vihara tersebut sudah membersihkan patung  dewa sepekan sebelum perayaan.

Penjaga-Vihara-Eng-An-Bio-di-Kelurahan-Pejagan,-Kota-Bangkalan,-menunjukkan-patung-dewa-yang-sudah-dimandikan-kemarin.

Untuk mengamankan kegiatan itu polres akan menerjunkan dua peleton parsonel.  Yuyun, 70, mengatakan, satu minggu sebelum Hari Raya Imlek, vihara yang menjadi tempat ibadah masyarakat Tionghoa itu ditutup. Sebab, sejak saat itu, umat Buddha dan Konghucu membersihkan patung dewa kepercayaannya.

”Ini baru dibuka nanti pada Hari Raya Imlek,” juru kunci vihara Eng An Bio itu kemarin (5/2). Menurut dia, perayaan Imlek tahun ini tidak begitu meriah dibandingkan dengan sebelumnya. Sebab, tidak ada kegiatan lain selain ibadah.

”Pemudanya banyak yang merayakan di luar kota,” terangnya. Meski dipastikan tidak meriah, aparat kepolisian tetap  siaga. Polres Bangkalan menyiapkan dua peleton anggota untuk mengamankan perayaan Imlek. Diharapkan,  masyarakat yang melaksanakan  ibadah bisa berjalan  dengan baik.

”Personel yang disiagakan di lokasi perayaan satu peleton. Satu peleton disiapkan di mapolres,” kata  Kabag Ops Polres Bangkalan AKP Pratolo Saktiawan. Pengamanan di lokasi akan dilakukan H-1 hingga H+1 Imlek. Menurut dia, itu merupakan salah satu prosedur tetap  (protap) dalam pengamanan   perayaan hari besar.

”Memberikan kenyamanan kepada  umat yang akan melaksanakan ibadah juga tugas kami,” tegasnya.(radar)