Headline News:

Dewan Siap Proses Caleg Pindah Parpol

KOTA-Dalam minggu-minggu ini, pimpinan DPRD Bangkalan berjanji akan melakukan proses para calon anggota legislatif (caleg) sesuai UU PKPU No 7. Saat ini, setidaknya ada 17 anggota DPRD Bangkalan yang harus segera mengundurkan diri karena loncat partai. Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Bangkalan Munawar Cholil kepada Jawa Pos Radar Madura pada Jumat (12/4) lalu. Munawar berjanji, dengan mekanisme yang ada bagi para dewan yang pindah partai saat mencalonkan legislatif (caleg) maka harus mengundurkan diri.


”Kami akan melakukan proses (pengunduran, Red) ini secepatnya,” terangnya. Dalam pengunduran diri, lanjut Munawar, setidaknya butuh waktu 15 hari untuk turunnya SK (surat keterangan) dari gubernur Jatim. ”Untuk memproses hanya butuh waktu 15 hari,” ujarnya. Menurutnya, tanpa adanya anggota pengganti yang dilakukan melalui proses PAW (pergantian antarwaktu) di internal partai, maka secara otomatis anggota dewan yang mengundurkan diri tersebut akan dicabut haknya.

 ”Tidak harus menunggu PAW, itu urusan partai. Sebab dengan turunnya SK gubernur maka anggota dewan tersebut sudah benar-benar mundur,” terangnya. Lebih lanjut dia memaparkan, dengan pengunduran diri anggota DPRD Bangkalan yang menurutnya berjumlah 17 orang tersebut, maka gaji dan kebutuhan anggota dikembalikan ke kas daerah. ”Jadi sejumlah dana anggaran yang sedianya disalurkan untuk gaji dan kebutuhan anggota dewan terkait, akan dikembalikan ke kas daerah,” ujarnya. (radar)

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Submit Comment

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com