DD 2016 Tak Bisa Cair

Terkendala Laporan Realisasi 2015

KOTA – Anggaran dana desa (DD) di Kabupaten Pamekasan sangat fantastis. Yakni, mencapai Rp 121 miliar. Sayangnya,  hingga kini belum bisa dicairkan.  Penyebabnya, laporan realisasi DD 2015 oleh masing-masing  desa tak kunjung kelar.

Kepala Badan Pengelolaan Aset dan Keuangan (BPKA) Pamekasan Taufikurrahman membenarkan jika jatah DD 2016 belum bisa dicairkan. Pihaknya masih menunggu laporan realisasi  dari masing-masing desa yang  belum selesai. Jika belum tuntas laporan 2015, jatah DD tahun ini  tidak akan turun.

”Sedangkan kami saat ini masih dalam tahap merekap laporan yang masuk dari desa. Artinya, masih ada beberapa kecamatan yang belum menyetor. Untuk itu, DD 2016 belum dicairkan,” ungkapnya  kepada Jawa Pos Radar Madura,  kemarin (25/3).

Taufik menerangkan, kendala desa tidak kunjung menyetor  laporan DD 2015 karena banyak  desa yang belum mengetahui pembuatan laporannya. Karena program DD baru pertama kalinya,   sehingga perangkat desa perlu adaptasi. Terlebih, tidak ada pendamping desa. Jadi,  mayoritas desa kebingungan  untuk menyelesaikan laporan realisasi DD.

”Untuk tahun ini, kami anggap  wajar. Sebab, bantuan  DD dari pusat baru pertama kalinya. Namun, tahun ini dipastikan tidak bakal terlambat. Itu karena, pendamping desa sudah terbentuk,” janjinya. Taufik menjelaskan, proses  pencairan DD 2016 tidak sama  dengan tahun sebelumnya.

Sebelumnya, kata dia, tahap pencairannya selama setahun  tiga kali. Pencairan pertama  dan kedua 40 persen dan yang terakhir 20 persen. ”Kalau tahun sekarang dalam  setahun hanya dua  kali. Yakni, pencairan pertama 60 persen dan kedua 40 persen,” terangnya.

Selain itu, Taufik berjanji untuk  laporan realisasi DD 2015 ditargetkan per 30 Maret sudah bisa dikirim ke Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi serta Kementerian KeuanganRI. ”Kalaupun terlambat, paling awal April. Sebab, kami sudah  instruksikan masing-masing desa untuk segera menyelesaikan,” pungkasnya. (radar)

kata Kunci Terkait:

  • ADD TAHUN 2016 TIDAK KUNJUNG CAIR
  • tanggal cair DD 40% bangkalan
  • tempat pengaduan dana desa d pamekasan